Laman

Macam-macam Gerakan Senam Aerobik

Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan senam yang dilakukan dengan memakai musik sebagai iringannya. Jenis senam ini memiliki irama tertentu dan sangat mirip dengan menari. Hanya saja, bedanya tujuan gerakan senam aerobik lebih ke kesehatan dan bukan pada tujuan keindahan ataupun seni seperti kegiatan menari.

Tujuan dari senam aerobik adalah untuk kebugaran, kesehatan, pembentukan tubuh dan meningkatkan denyut jantung serta paru-paru untuk memperlancar peredaran darah. Tidak hanya itu, senam aerobik yang dilakukan secara rutin bisa membuat seseorang menjadi awet muda. Senam yang memiliki manfaat ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik perempuan maupun lelaki.




Gerakan Senam Aerobik

Gerakan senam aerobik bisa dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu pemanasan, inti, dan pendinginan. Ketiga gerakan tersebut harus ada dalam senam aerobik. Ketiga gerakan senam aerobik tersebut memiliki tujuannya masing-masing.

1. Pemanasan
  • Pemanasan adalah gerakan awal yang wajib dilakukan sebelum melakukan gerakan senam aerobik yang lainnya.
  • Tujuan secara umum adalah untuk melemaskan otot-otot yang kaku, mengurangi cidera, meningkatkan suhu tubuh untuk persiapan gerakan berikutnya.
  • Biasanya, dilakukan selama 10-15 menit.
  • Pemanasan juga dibagi menjadi 3 bagian, yaitu menggerakkan sebagaian tubuh tanpa berpindah, menggerakkan seluruh tubuh secara berpindah, dan peregangan.
  • Menggerakkan tubuh tanpa berpindah bisa dilakukan dengan menggerakkan kepala, jalan di tempat, mengayunkan tangan ke kanan dan ke kiri, serta meletakkan tangan di pinggang.
  • Irama musik dalam pemanasan masih wajar dan tidak terlalu cepat.

2. Inti
  • Gerakan awal, disebut juga low impact
  • Gerakan puncak atau inti.
  • Gerakan akhir sebelum pendinginan.
  • Waktu yang digunakan biasanya antara 40 sampai 55 menit.
  • Tujuan dari gerakan inti adalah untuk membentuk tubuh menjadi lebih indah.
  • Gerakan inti lebih keras dan disiplin dibandingkan dengan gerakan pemanasan.
  • Pada gerakan inti, keringat yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan gerakan pemanasan.
  • Dalam gerakan inti ini, denyut nadi jadi lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya.
  • Irama musik dalam gerakan inti sangat cepat dibandingkan gerakan senam aerobik yang lainnya.

3. Pendinginan
  • Gerakan yang dilakukan tidak seperti gerakan inti.
  • Digunakan untuk mengatur pernapasan.
  • Merupakan fase-fase sebelum mengakhiri senam aerobik.
  • Gerakan pendinginan adalah gerakan yang bertujuan untuk kembali menormalkan denyut nadi yang berdetak kencang.
  • Musik yang diperdengarkan dalam proses pendinginan ini lebih slow dibandingkan pada bagian pemanasan dan inti.

Itulah 3 macam gerakan senam aerobik. Ketika gerakan senam aerobik tersebut merupakan gerakan yang wajib ada dalam senam aerobik. Kegiatan senam tidak bisa disebut sebagai senam aerobik bila tidak ada ketiga unsur gerakan tersebut dan juga musik pengiring.

2 comments:

  1. tq infonya Sis
    klo pd gerakan pendinginannya itu biasanya memerlukan waktu berapa menit ya Sis
    dan klo ada info tentang model-model baju senam terbaru di Surabaya mhon infonya ya? trimks :)

    ReplyDelete
  2. Salam kenal ya...

    infonya menarik nih... BTW, dari ketiga macam gerakan aerobik di atas, apakah gerakan inti tersebut merupakan gerakan yang harus paling difokuskan? dan apa iya, kalow kesalahan dalam pemilihan baju senam itu berpengaruh besar juga?

    Thnks & dtunggu sgera jawabannya ya Sist... :)

    ReplyDelete