Laman

Macam-macam Search Engine dan Penjelasannya

Search engine merupakan salah satu komponen vital dalam dunia maya. Bahkan bisnis yang merambah di dunia online sekalipun akan sangat sulit sekali berkembang tanpa adanya peran search engine. Jutaan aktivitas di dunia maya memanfaatkan search engine sebagai alat dalam mencari setiap informasi yang benar-benar dibutuhkan. Saat ini, banyak sekali informasi yang tersebar dalam internet. Tanpa search engine ini, jangan harap bisa menemukan apa yang Anda cari dengan mudah.

Search engine dalam dunia maya merupakan database elektronis yang menyimpan jutaan bahkan miliyaran situs internet yang terdapat di internet. Faktanya, keberadaan search engine jelas sangat membantu. Macam-macam search engine yang bisa Anda pilih untuk mencari informasi sangatlah banyak.


Penggunaannya pun relatif mudah. Untuk dapat menemukan informasi di dunia internet, Anda hanya tinggal mengetikkan sejumlah kata kunci sesuai dengan apa yang Anda cari. Dalam search engine, Anda bisa menemukan aneka bentuk informasi, seperti tulisan, gambar, link lagu, hingga pencarian video.

Misalnya, Anda sedang mencari informasi seputar penulisan makalah untuk penelitian. Cukup dengan mengetikkan “makalah penelitian” dalam kolom search engine, maka tampillah sejumlah situs yang menyediakan informasi tersebut.
Macam-Macam Search Engine

Saat ini, banyak sekali macam-macam search engine di dunia. Sebagai contoh, sebut saja Google.com, Yahoo.com, Wisenut.com, Alltheweb.com, Dogpile.com, Altavista.com, lycos.com, MSN.com, looksmart.com, dan banyak lagi.

Dari sekian banyak macam-macam search engine, tiga search engine yang menempati posisi teratas dalam jumlah pengeklikan adalah, Google.com, Wisenut.com, dan Alltheweb.com (berdasarkan hasil riset searchenginesshowdown.com).



Sementara itu, beberapa search engine yang sangat terkenal di Indonesia adalah, Google.com, Yahoo.com, dan MSN.com. Ketiga search engine yang paling sering digunakan di Indonesia ini memiliki sejumlah kelemahan dan kelebihan yang berbeda. Seperti apa gambarannya? Berikut adalah penjelasannya.
  1. Google (www.google.com)


    Nama besar Google sudah diketahui oleh dunia. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika search engine ini menempati posisi teratas dalam segi penggunaan dan pengeklikan oleh penduduk dunia. Selain menyediakan pencarian web, Google menyediakan jasa pencarian berita, dan gambar. Meski terbukti sebagai search engine paling unggul, bukan berarti Google tidak memiliki kelemahan.

    Keunggulan Google yang paling utama adalah dalam jasa pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank dan banyaknya jenis file yang diindeks Google. Sementara kelemahan yang paling mendasar, tentu saja tidak adanya pelayanan pencarian file, video, dan audio. Semoga ke depannya google melengkapi apa yang selama ini menjadi kelemahannya.

  2. Yahoo (www.yahoo.com)


    Yahoo merupakan salah satu mesin pencari tertua yang ada di jagat internet. Yahoo merupakan salah satu portal terbesar di dunia selain MSN. Meski memiliki database sendiri, yahoo juga sangat terbantu oleh bantuan Google dalam hal pencarian web d internet.

    Kelebihan Yahoo yang utama adalah dari segi direktorinya, juga ketersediannya pencarian Yellow pages dan peta (masih terbatas di Amerika Serikat). Sementara kelemaham mendasarnya, yakni tampilan pencarian yang tidak ramah dengan pengguna. Namun, Yahoo telah meminimalisasi kekurangannya tersebut dengan menyediakan search.yahoo.com.
  3. MSN (www.search.msn.com)


    MSN merupakan mesin pencari besutan Microsoft Network. Mesin pencari ini menawarkan jasa pencarian, baik dengan menggunakan kata kunci maupun directori. Sebagian besar pengguna Internet Explorer sudah dipastikan pernah menggunakan mesin pencari ini.

    Keunggulan MSN terletak pada metode pencarian berupa peta, white pages, yellow pages, pekerjaan, serta pencarian rumah. Sementara itu, kelemahan yang paling mendasar dari MSN adalah tidak tersedianya jasa pencarian gambar ataupun berita.

No comments:

Post a Comment