Laman

Mengapa Bahasa Inggris Perlu Bagi Seorang Sekretaris?


Mengapa Bahasa Inggris Perlu Bagi Seorang Sekretaris?? Sebuah pertanyaan yang sangat umum yang sering diajukan oleh para pencari kerja, khususnya wanita. Karena persaingan mencari kerja yang semakin tinggi, setiap pencari kerja mulai berusaha untuk membekali diri dengan wawasan yang luas. Tidak hanya itu, kemampuan berbahasa inggris pun sangat menjadi syarat sebagai salah satu kunci untuk kesuksesan dalam berkarier. Tak terkecuali bagi seorang sekretaris.


Sekretaris merupakan seorang yang membantu pimpinan\bos dalam menjalankan suatu pekerjaan. Seorang sekretaris juga adalah perantara bagi orang yang ingin berhubungan dengan pimpinan atau sebaliknya. Disamping itu, sekretaris juga setiap harinya berkomunikasi dengan tamu-tamu yang terdiri dari berbagai macam tingkatan, golongan dan berbagai macam individu yang setiap diantara mereka tentunya memiliki latar belakang, status sosial, kepentingan, serta kedudukan yang berbeda. Oleh sebab sekretaris dituntut harus mampu dengan cepat menyesuaikan diri dan memahami pihak-pihak yang berhubungan dengannya.

Untuk itu seorang sekretaris harus mampu berkomunikasi dengan baik dan menguasai bahasa Indonesia dan beberapa bahasa asing dengan baik seperti bahasa inggris, sehingga dapat berkomunikasi dengan tamu- tamu tingkat eksekutif, dan mampu membantu pimpinan dalam bernegosiasi. Ia pun dituntut untuk memilih kata dan menyusun kalimat secara baik dan jelas, menyenangkan semua pihak yang berkomunikasi dengannya.

Kemampuan berkomunikasi dan interaksi dengan pimpinan, pihak luar dan juga rekan bisnis merupakan peranan yang sangat penting bagi seorang sekretaris, dia juga harus mempunyai wawasan yang luas untuk dapat bersaing di dunia bisnis. Karena jangkauan atau kerjasama perusahaan bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga ditingkat internasional, terlebih-lebih perusahaan yang besar.

Oleh karena itu bahasa inggris penting untuk sekretaris tetapi kita juga tidak boleh lupa dengan bahasa yang kita miliki. Bahasa inggris merupakan modal untuk bersaing meraih suatu pekerjaan yang lebih baik dan merupakan bahasa internasional penghubung segala bahasa, disamping itu juga dengan Bahasa inggris kita dapat :

  1. Meningkatkan karier.
  2. Mendapatkan posisi lebih tinggi dibanding rekan-rekan yang tidak memilikinya.
  3. Mempermudah untuk melakukan komunikasi dengan siapapun juga dimanapun juga berada.
  4. Membuat kita bisa percaya diri dan tak pernah takut untuk melakukan apapun juga

Paham 'english' sangat penting dalam bekerja karena hampir setiap hari kita pasti akan menemui kata-kata dalam bahasa inggris secara tidak langsung.

Kebanyakan perusahaan juga kadang menggunakan bahasa inggris untuk berkorespondensi baik dengan relasi maupun dengan pihak intern.

Bahasa Inggris di dunia usaha memang digunakan untuk bisnis, surat menyurat dan meeting dengan bule bule yang tidak mau belajar dan tidak bisa berbahasa Indonesia.

Kesimpulannya :

Bahasa inggris memang sangat penting untuk sekretaris, karena dengan paham akan bahasa inggris sekretaris akan mudah dalam menjalin relasi dari pihak mana saja. Dengan kata lain sekretaris mudah untuk berkomunikasi dengan siapa saja. Disamping itu juga bahasa inggris dalam bekerja hampir setiap hari kita pasti akan menemui kata-kata dalam bahasa inggris secara tidak langsung.

Apalagi dalam perusahaan asing pasti bahasa inggris sangat dituntut. Dengan bahasa inggris pula kita menjadi semakin percaya diri dan meningkatkan karier kita.

No comments:

Post a Comment