Laman

Ciri-ciri Penipuan Online Shop

Teknologi semakin canggih, para pengusaha semakin pandai dalam memilih media untuk menjajakan barang yang dijualnya, salah satunya dengan melalui jejaring sosial Facebook. Semakin hari semakin banyak akun Facebook yang dibuat dengan tujuan untuk berjualan segala macam produk. Produk yang ditawarkan pun bermacam-maam, mulai dari produk kecantikan sampai produk berbau teknologi, contohnya Laptop.

Jika sobat termasuk tipe orang yang suka berbelanja secara online di internet, tentunya sering tergiur pula untuk berbelanja online di akun Facebook yang menjual barang-barang. Apalagi kebanyakan dari mereka memberikan harga yang sangat murah dan sekiranya tidak masuk akal. Pernahkah sobat bertanya dalam hati, 'apakah mereka benar-benar berjualan?' atau 'ini beneran atau nipu ya?'

Nah, dewasa ini banyak sekali orang yang melakukan penipuan melalui internet. Kebanyakan dari mereka menggunakan jejaring Facebook untuk menjajakan barang mereka yang sebenarnya hanyalah bualan belaka. Bagi anda yang ingin mencoba ataupun yang sudah terbiasa belanja secara online atau online shopping harap berhati-hati jika ingin berbelanja dengan pedagang di Facebook, karena saat ini, sedang marak penipuan online shopping di Facebook.

Berikut ini ciri-ciri penipuan Online Shop di Facebook :
  1. Tidak mau COD (cash on delivery) alias bayar ditempat, hanya menerima pembayaran via transfer.
  2. Tidak mau menggunakan Jasa Rekening Bersama (jasa pihak ketiga untuk pembayaran) disertai dengan berbagai macam alasan.
  3. Alamat tidak jelas, biasanya di tempat-tempat jauh/pedalaman ataupun menggunakan alamat palsu atau mengaku tinggal di daerah Batam/Riau.
  4. Harga barangnya miring bukan main, alias murah tidak masuk diakal, biasanya mengaku BM atau Black Market padahal Barang Mimpi.
  5. Wall di account Facebook-nya di proteksi ataupun isinya hanya update status dagangannya, tidak bisa dikomentari.
  6. Testimoni berupa komentar tidak ada, testimoni berupa bukti pengiriman menggunakan gambar yang diambil dari tempat lain.
  7. Mutual friend-nya sedikit sekali atau tidak ada teman kita yang menjadi temannya.
  8. Jika sudah transfer, maka dengan cepat account/link facebook sang pedagang akan hilang atau berganti.
  9. Selalu googling data sang pedagang, mulai dari Nama, Alamat, No Rekening, No HP untuk memeriksa track record pedagang.
  10. Jika tiba-tiba ada teman Facebook yang berjualan dengan ciri-ciri diatas perlu dicurigai bahwa accountnya telah dibajak oleh orang lain yang ingin meraup keuntungan semata

Jika menemukan ciri-ciri tersebut diatas, segera urungkan niat anda bertransaksi dengannya, harga murah menjadi daya tarik tersendiri tapi juga membuat anda menyesal dikemudian hari. WASPADALAH !

No comments:

Post a Comment