Laman

Mengapa Daerah di Sekitar Gunung Berapi Tanahnya Subur?

 Gunung api adalah fenomena alam yang sangat luar biasa. Bentuknya unik, yaitu berbentuk kerucut raksasa dan dapat meletus sewaktu-waktu. Tidak hanya itu, gunung berapi juga dapat mempengaruh keadaan cuaca disekitarnya, sehingga membuat awan sering berkumpul di dekat puncak gunung tersebut yang pada akhirnya berubah menjadi hujan.

Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki 400 gunung berapi dan 136 diantaranya masih dalam status aktif. Indonesia juga merupakan tempat bertemunya 2 rangkaian gunung berapi aktif. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa Indonesia rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi.



Namun begitu, Gunung berapi tetap menjadi salah satu berkah bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya gunung berapi telah menjadi berkah bagi mereka yang hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-harinya di sekitar gunung berapi. Tanah yang terdapat disekitar gunung berapi merupakan tanah yang subur untuk dipakai bercocok tanam. Ternak-ternak mereka pun dapat hidup dengan sehat karena ketersediaan makanan yang cukup di sekitar gunung berapi. Tidak hanya itu, perekonomian di daerah sekitar gunung berapi akan meningkat dengan menjadikan gunung berapi sebagai obyek wisata yang membuat wisatawan lokal ataupun asing berdatangan ke daerah tersebut.

Nah, tahukah sobat, mengapa daerah di sekitar gunung berapi tanahnya subur? dikarenakan mineral yang dihasilkan dari gunung berapi. Tidak hanya itu, daerah di sekitar Gunung berapi sering terkena hujan, ini juga merupakan faktor pendukung mengapa daerah di sekitar gunung berapi tanahnya subur.

No comments:

Post a Comment