Laman

Cara Melacak Keylogger di Komputer

Pernahkah anda kehilangan akun pribadi anda? Atau barangkali sobat gamer dan mungkin pernah kehilangan ID serta Pass Game yang sobat miliki. Jika ya, ada kemungkinan bahwa ID dan Pass milik sobat dicuri dengan menggunakan Keylogger.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan sedikit mengenai arti kata keylogger. Keylogger berasal dari gabungan dua kata, yaitu Key dan Logger. Arti dari kata Key adalah Kunci. Jika didalam dunia komputer, kata 'key' biasanya disandingkan dengan kata Word yang berarti Kata Kunci, atau istilah kerennya Password. Sedangkan Logger sendiri berasal dari kata Log, dimana artinya adalah dalam dunia komputer adalah 'catat', dan dengan penambahan 'er' maknanya sedikit berubah menjadi 'Pencatat'. Nah, jika maknanya digabungkan, Keylogger berarti adalah sebuah Pencatat kata kunci. Dengan kata lain, ia akan mencatat setiap apa yang diketikkan di komputer.

Pada dasarnya, software Keylogger memang diciptakan untuk merekam apa saja yang diketikkan di Keyboard. Justru fungsinya ini yang menjadi masalah, karena orang sering menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik. Misalnya mencuri ID dan Pass milik orang lain.

Cara kerjanya simpel: Ketika anda memakai komputer yang terpasang Keylogger, aplikasi ini akan secara otomatis merekam apa saja yang anda ketikkan dan kemudian data dari hasil rekaman yang ia miliki secara otomatis akan tersimpan atau dikirim ke sebuah alamat email, sehingga si pemilik email dengan mudah bisa mengganti ID dan Pass anda.

Jika anda sering bermain diwarnet, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan komputer tersebut, karena bisa saja sudah dipasangi aplikasi Keylogger. Aplikasi ini sifatnya tersembunyi. Oleh sebab itu berhati-hatilah. Jangan sampai akun Facebook ataupun akun penting anda tercuri gara-gara anda log in pada komputer yang terpasang Keylogger.

Lantas, bagaimanakah cara mendeteksi keberadaan Keylogger dalam suatu Komputer? Kali ini saya akan beritahu sedikit trik yang sangat mendasar, silahkan disimak.

Cara Melacak Keylogger di Komputer
  1. Pertama, buka Command Prompt. Caranya melalui Start - All Programs - Accessories - Command Prompt. Atau melalui Run dan ketikkan cmd

  2. Anda akan dibawa pada jendela Command Line. Ketikkan dir.


  3. Lihat angka pada kotak Command Line anda seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Lalu ulangi lagi langkah no 2 sebanyak 3 kali dan perhatikan angka yang muncul.
Sekarang perhatikan angka yang muncul tadi. Bandingkan angka yang muncul, apakah angkanya berubah? Jika ya, berarti komputer tersebut telah dipasangi Keylogger dan aplikasi itu sedang aktif.

Ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk mengetahui apakah terdapat Keylogger yang aktif dalam suatu komputer. Sebagai catatan, Keylogger yang aktif pastinya akan memakan memory ketika anda mengetik, dikarenakan ia akan mencatat setiap apa yang diketik. Saya harap melalui artikel ini sobat sudah bisa mengetahui bagaimana cara melacak keylogger di komputer.

No comments:

Post a Comment